Jumat, 09 Desember 2011

Mengatasi masalah MySQL dalam XAMPP v2.5

Terkadang kita mengalami masalah atau muncul error messages "Database Error: Unable to connect to the database:Could not connect to MySQL" ketika membuka draft web yang sedang kita bangun di Local Server PC ataupun Laptop kita menggunakan XAMPP v2.5 yang diinstal didalam Windows XP SP3. Hal ini bukan bukan hanya berarti kita salah menggunakan nama Database atau User dan Password-nya saja akan tetapi bisa jadi MySQL tidak berjalan sebagaimana mestinya di dalam XAMPP Control Panel. Biasanya ketika kita lihat di Control Panelnya svc MySQL tidak mau "Running" berarti hal tips-tips berikut ini dapat dicoba untuk menyelesaikan masalahnya.


Pertama, uninstal dlu MySQL yg bermasalah dari XAMPP Control Panel, yaitu dengan menghilangkan tanda cek "svc MySQL". Lalu instal lagi "mysql_installservice" (MS DOS Batch File) dari subfolder XAMPP => MySQL dimana XAMPP diinstal.

Hal ini tidak menghapus database yg sdh ada sebelumnya dan XAMPP pasti berjalan dengan semestinya kembali sebagai local server yang biasa digunakan untuk tryout web yang sedang dibangun sebelum di hosting ke server online.

Restart Control Panel XAMPP dan coba jalankan kembali svc Apache dan svc MySQL. Apabila Status keduanya sudah "Running" maka tinggal coba buka http://localhost pada browser anda. Bila tidak ada pesan error muncul maka Local Server dapat berjalan dengan baik.


Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar: